A Little Piece of Heaven

Blog tentang segala hal yang bermanfaat dan kusuka

Trik cari kerja usai lulus kuliah



Mahasiswa tingkat akhir biasanya harus memikirkan bagaimana menyelesaikan skripsi dan lulus dengan nilai memuaskan. Tekanan selanjutnya adalah memanfaatkan gelar tersebut.
Jangan khawatir!jutaan calon lulsan perguruan tinggi merasakan hal serupa. Nah, mulai dari sekarang ada baiknya serius mencari berbagai lowongan kerja dengan kualifikasisu.
1.      Jangan berhenti mencari
Momen setelah wisuda memang paling asyik untuk beristirahat. Tetapi sebaiknya janfan menunda perburuan kerja. Sebab, tidak ada yang tahu hambatan apa yang mungkin kamu hadapi di kemusian hari. Selain itu, menunda mencari kerja akan membuatmu menganggur lebih lama.

2.      Manfaatkan jaringan
Jangan malu dan segan memanfaatkan jaringan untuk mencari informasi lowongan kerja. Mulailah dari orang-orang yang kamu kenal seperti keluarga, teman, teman orang tua, saudara, ikatan alumni, dan seterusnya.

3.      Pelajari trik mencari kerja
Manfaatkan internet untuk mencari tahu bagaimana tren mencari kerja di masa kini, misalnya tips membuat resume, surat lamaran kerja, das sebagianya.

4.      Manyadari ada hal di luar kuliah
Kualifikasi lulusan baru bukan haya prestasi akademis selama empat tahun kulisah. Lebih dari itu, perusahaan juga melihat berbagai pengalaman kerja, magang, volunteer bahkan pekerjaan paruh waktu di luar bidang studi. Jadi, jangan ragu memasukkan semua pengalaman tersebut dalam CV atau resume untuk  memperlihatkan etos kerja atau kemampuan bekerja sama dengan orang lain.

5.      Bicara dengan profesional di bidang yang dituju
Cari informasi siapa saja profesional yang handal di bidang kerja yang kamu tekuni. Kemudian, buka hubungan dengan mereka. Jangan segan bertanya banyak hal tentang pengalaman kerja mereka. Dengan begitu, kamu bisa belajar lebih awal tentang dunia kerja dan mengarahkan penncarian kerjamu menjadi lebih efektif. Siapa tahu, para profesional ini juga mau memberi informasi lowongan pekerjaan di perusahaan mereka.

6.      Tampil profesional
Dimulai dari membuat alamat email resmi. Cukup dengan nama lengkap dan tidak menggunakan kata-kata yang sulit dilafalkan atau diingat.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Trik cari kerja usai lulus kuliah"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top