A Little Piece of Heaven

Blog tentang segala hal yang bermanfaat dan kusuka

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI : ANUGERAH ATAU KUTUKAN?


Menurut KKBI teknologi merupakan metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Tentu saja, teknologi yang berkembang akan membuat manusia semakin mudah melakukan berbagai hal dalam waktu yang relatif singkat. Akan tetapi, akankah sesuatu hal itu tak ada sisi negatifnya? Tentu saja ada. Apakah dengan bermunculnya teknologi-teknologi baru bisa membuat kita senang? Jawabnya mungkin saja bisa. Akan tetapi, apakah kita benar-benar bahagia/ senang? Nah, coba kalian jawab sendiri dari hati kalian yang paling dalam.
                                                                     
Apa yang dikhawatirkan Albert Einstein bisa jadi telah terjadi sekarang ini. Perbedaan kebiasaan 10 tahun yang lalu dengan sekarang bisa dikatakan berbeda jauh, walaupun ada beberapa yang masih melestarikan adat zaman dahulu(?).
                            


Teknologi juga mengakibatkan perilaku anak-anak zaman sekarang seperti orang bodoh, bagi orang yang tidak bisa memanfaatkannya dengan bijak. Anak-anak berperilaku tidak sesuai dengan perilaku anak-anak.
        

Berikut merupakan hal-hal yang membedakan zaman dulu sebelum maraknya perkembangan teknologi dan zaman sekarang :
1.       Permainan anak-anak
Anak zaman dulu, zaman saya masih anak-anak lebih suka janjian untuk bermain bersama di sore hari. Kumpul setelah selesai sekolah ataupun mengaji, sambil membawa mainan mainan yang sudah dijanjikan sebelumnya. Seperti bola, congklak, bekel, tali karet, kelereng, layang-layang, dll. Terkadang, kita juga mamerin mainan yang dibeli di sekolahan, seperti bongkar pasang dari kertas, drakula drakulaan, dan masih banyak lagi.
Pas sudah kumpul, kita bakalan mainkan mainan yang kita bawa itu, gonta ganti sampai bosan.

                             

Atau terkadang main tanpa menggunakan mainan, kita kejar-kejaran sampai kecapekan, main petak umpet sedangkan yang dicari nggak nongol-nongol sampai maghrib yang akhirnya permainan dibubarkan, main benteng bentengan sampai bertengkar gak jelas.   

                                      
Pokoknya, nostalgia permainan zaman dulu membuatku pengen pinjem alat doraemon, mesin waktu.

Anak zaman sekarang, kalau diajakin main petak umpet, kejar-kejaran pada males. Palingan, permainan yang bertahan di dunia yang semakin hingar bingar ini ya sepak bola, itupun jarang. Mereka kenalnya serba online L sepulang sekolah mereka mbergegas ke tempat legendaris bernama “Warnet”, trus mereka bakalan mainin itu game online sampai lupa waktu.
                                                 
Pernah pas saya ke warnet, saya denger mereka ngomong jorok yang saya sendiri nggak pernah ngomong seperti itu. Astaghfirullah..
Coba perhatikan, mereka berada dalam satu tempat, akan tetapi mereka tak saling bicara ataupun becanda. Mereka sibuk akan dunia gamenya sendiri, ini namanya bahagia?
Bahkan para orang tua, membelikan anak-anaknya PC ataupun gadget yang katanya sih buat browsing. Tapi saya yakin, kirakira 80% komputer itu digunakan buat ngegame atau browsing hal nggak penting, dengan pengecualian anak-anak yang nurut buat  nggak ngegame lho 
                    

Buat para orang tua, jangan lupa buat ingetin anaknya biar gak kecanduan sama game online ya J kalau bisa, pas main gadget atau PC ditemenin supaya anak-anak tidak terjerumus dalam hal negatif. 

2.       Cara mencatat pelajaran
        Bagi anak-anak yang rajin, mencatat itu merupakan hal yang penting. Tiada guunanya pelajaran tanpa dicatat, “nanti lupa”, katanya. Bagus sih, mencatat bisa membuat daa ingat akan pelajaran tersebut bertambah. Dan seandainya kita lupa, kita bisa membuka catatan kita kan?
        Anak zaman dulu, sebelum ada gadget pintar nyatetnya sih standar, pakai bolpoin trus ditulis di buku catatan. Kalau nggak gitu, nyatet ala kadarnya di sekolah, sesampainya di rumah. Nanti dihias hias sama bolpoin warna-warni.
                                               

Kalau sekarang, mengesampingkan anak yang masih mencatat dibuku, mereka bakalan copas materi guru/dosen, “cekrak-cekrik” materi di papan/LCD. Ujung-ujungnya gak bakalan dibuka/dibaca lagi. Sedangkan yang ngefoto sampai memorinya full, percaya deh, bakalan males buat nulis ulang, soalnya dari fotonya aja udah puluhan atau bahkan ratusan, tahu hal itu aja udah bikin males baca apa yang difoto.
                                                                         

3.       Cara belajar
Belajar sih paling standar, bawa buku bertumpuk-tumpuk, berserakan di mana mana, dan kamar macam kapal pecah. Dulu sih, sebelum internet terkenal, belajar ya cuman pakai buku, pinjem buku di perpus. Buka buku satu nggak ada, buka yang lain, yang lain nggak ada, nggak usah dipelajarin lebih lanjut, dan berujung pada mbertanya pada Bu Guru.
                                               
Kalau sekarang sih nggak ribet. Ada barang super canggih. Nggak perlu ngeluarin buku setumpuk, cuman keluarin gadget, trus tanya deh sama Mbah Gugel(?). Katanya, di Google itu serba ada, mesin pencari yang super canggih, kecuali yang dicari itu jodoh, tanya berapa ratus juta kali pun mbah nggak bkal tau nak :”
                                               
Bagus sih kalau gadgetnya buat mencari informasi, lah kalau seperti ini gimana?
Kelihatannya sih rajin belajar gitu, eh taunya....
                                             
“Ada udang di balik batu. Ada gadget di balik buku.” Kamu mau belajar atau ngegame sih nak? Hayoo siapa yang seperti ini? Jangan ditiru ya J

4.       Hal yang dilakuin ketika bertemu dengan teman-teman
Yang pacaran, pasti sering dong ketemuan, trus ngobrolin banyak hal, main bareng, seru-seruan bareng. Trus gimana kalo  hal ini terjadi?
                                          
Jelas dong, kalau si pasangan bakalan bosan, suntuk, kecewa, de el el. Trus nanti bakalan makrah-marahan, ujung-ujungnya kata “maut” bagi yang pacaran adalah “Kita putus”. Lah trus mau gimana kalau gitu? Nggak terima? Minta balikan? Kalau kamunya tetep nggak ngehargain pasangan kamu ya percuma :p
                                         
Atau nggak, udah kuangeeen banget sama temen lama, udah kuliah/ kerja sih jadi pada sibuk sendiri. Jadinya janjian buat reunian/ kumpul bareng., nyesuain jadwal, menyempatkan waktu karena jadwal yang super padat. Pas udah kumpul eeh pada sibuk sendiri sama gadgetnya.
                                          
Trus, ngapain janjian, susah-susah nyesuain jadwal, yang ujung-ujungnya nggak dimanfaatkan dengan baik? Harusnya sih, tuh gadget lupain, matiin dulu lah, atau dikumpulin di depan, trus ngobrol bareng deh sambil nostalgia.
                                         

Sudah lihatkan? Dari beberapa gambar yang ada, yang manakah yang terlihat lebih bahagia? Karena, sesungguhnya kebahagiaan itu tidak diciptakan oleh teknologi yang semakin berkembang, yang membuat hidup semakin mudah. Kebahagiaan itu sederhana, mensyukuri apa yang dimiliki saat ini, kumpul bareng, bercanda bareng keluarga dan teman-teman. Jangan mencari yang tidak nyata, hadapilah apa yang nyata dan dekat denganmu, karena kebahagiaan itu sesungguhnya dekat sekali dengan kita.  Cobalah angkatlah pandanganmu dari gadget, dan nikmati betapa indahnya dunia yang nyata ini.
                                        



Sumber gambar:
Gambar 2.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PERKEMBANGAN TEKNOLOGI : ANUGERAH ATAU KUTUKAN?"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top