A Little Piece of Heaven

Blog tentang segala hal yang bermanfaat dan kusuka

HASIL PENELITIAN MAHASISWA BIOLOGI UGM MASUK JURNAL INTERNASIONAL



Program pertukaran pelajar menjadi kesempatan bagi para mahasiswa mengetahui dan menambah wawasan mengenai kehidupan akademis maupun budaya masyarakat di negara berbeda. Seperti yang dilakukan Arista Handayani seorang mahasiswa dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tak ingin membuang kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini.

Program ini dimanfaatkan Arista untuk menyelesaikan penelitian bahkan mencatatkannya dalam jurnal internasional. Sekaligus menjadikan Gadis asal Banten ini menjadi yang pertama kalinya berhasil melakukan pertukaran pelajar dan menyelesaikan skripsi di Chubu University, Jepang sejak Maret 2012 hingga Februari 2013 lalu. Tidak hanya sukses mengikuti student exchange dan riset, namun hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa angkatan 2008 ini juga masuk dalam jurnal internasional Plant and Cell Physiology.

Dalam penelitiannya, Arista melakukan riset mengenai Biologi molekuler pada tanaman Arabidopsis thaliana. Penelitian ini berfokus pada daun dan gen apa saja yang berperan pada tanaman dari famili Brassicaceae itu. Menurut Arista, penelitian di bawah bimbingan Chiyoko Machida (Chubu) dan Endang Semiarti (Fakultas Biologi UGM) itu merupakan penelitian murni tentang efek gen pada tanaman. Ke depan, penelitian itu bisa diterapkan kepada jenis tanaman lainnya. Dimana perubahan tersebut, memungkinkan tanaman memiliki daun yang berbeda dari yang sudah ada atau dari bentuk daun aslinya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi S. Daryono, M.Agr.Sc. mengatakan sebelumnya, UGM akan mengirimkan dua perwakilan untuk program tersebut. Namun, setelah menjalani seleksi administrasi dan akademik, hanya Arista yang lolos mengikuti student exchange yang didanai oleh JASSO Scholarships tersebut. "Selain itu, Fakultas Biologi UGM juga merupakan penggagas MoU antara UGM dengan Chubu University. Fakultas Biologi akan melanjutkan dan mengembangkan kerjasama dengan Chubu University di bidang Tri Dharma, baik pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kerjasama khususnya student exchange dan mengirimkan mahasiswa maupun dosen ke Chubu,” jelasnya. (KF-EDU/Vey/kabarkampus/HumasUGM)

duuh kaka nyaa~~ 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "HASIL PENELITIAN MAHASISWA BIOLOGI UGM MASUK JURNAL INTERNASIONAL "

Maaf ya Mba. sy boleh minta alamat media sosial mba arista handayani. symw cri tau infomarsi lebih baik dri hasil penilitian murni ttng biologi..
trima kasih

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top